15 Tips Paling Ampuh Untuk Merawat Baterai SmartPhone agar Awet Muda Dan Tahan lama



SmartPhone Merupakan Alat Genggam Canggih Dan Cerdas yang masih sering di gunakan masyarakat kini. Namun Seiring Waktu, Baterai Smartphone pasti akan rusak juga bila tidak di rawat dengan baik, Kali Ini, Saya Akan Memberikan Beberapa Tips Untuk Merawat SmartPhone Agar Awet Muda Dan Tahan Lama

1. Jangan Menunggu Baterai Sampai Habis Total

Kebiasaan Buruk Masyarakat Indonesia Saat Mencharge Baterai Adalah Mencharge nya sampai habis Total atau 0% Persen, Berbeda DEngan Baterai Zaman Dulu Yang menggunakan bahan Utama Nikel, Jika Anda Menunggu Baterai li-on atau li-polimer habis total dan menchargenya, itu akan menurunkan Kualitas baterai tersebut dan tak akan tahan lama.

2. Jaga Temperature Baterai SmartPhone Anda

Jika Baterai SmartPhone Anda Terlalu Sering Kepanasan, Maka, Tidak Lama Lagi Baterai SmartPhone Anda Akan Menggembung dan tidak dapat melakukan pekerjaannya dengan baik, dan bila di charge, Baterai tersebut tidak menyimpan energi listrik dengan Sempurna atau bahasa Kerennya Nge-Drop.
Oleh Karena Itu, Jagalah Temperature Baterai SmartPhone Anda

3. Jangan Menggunakan Smartphone Sampai Overheat

Sama Seperti Poin Nomor 3 Tadi, Jangan Menggunakan Smartphone Terus Menerus Sampai Overheat. Agar Tidak Terjadi Overheat Gunakan Lah SmartPhone Anda Secara Bijak Dengan Menggunakan Kamera hanya saat perlu saja, dan mematikan aplikasi background SmartPhone Anda.

4. Atur Kualitas Cahaya SmartPhone ( BrightNess)

Secara Default atau normalnya, Pabrik SmartPhone Menganjurkan agar mengatur ( Setting) Pencahayaan Smartphone dengan Tingkat Normal, Jangan Terlalu Tinggi (Terlalu Terang). Bila Terlalu Terang Dapat Menguras Energi Listrik Pada Baterai. Oleh Karena Itu, Turunkan Tingkat Pencahayaan Hingga Titik Rendah, Dalam Beberapa Hari, Anda akan terbiasa dalam tingkat tersebut. Di samping itu, anda juga merawat Mata Anda.

5. Jangan Mencharge Baterai Terlalu Lama

Meskipun Banyak Produk SmartPhone yang di bekali fitur Auto Cut Off saat baterai sudah penuh, Tapi Sangat Tidak Di sarankan mengisi ulang Baterai anda Terlalu Lama. Banyak Masyarakat Indonesia yang mencharge baterai semalaman hal ini justru akan memicu smartphone Overheat dan dapat merusak Baterai smartphone anda cepat rusak.

6. NonAktifkan Mode Getar.

Memang, Mode Getar Memudahkan mu untuk tetap mendapatkan Notifikasi tanpa berisik dan menggangu mu. Tapi Hal Ini justru membutuhkan daya besar untuk menggetarkan SmartPhone ( Mode Vibrator :v ) sehingga baterai harus bekerja lebih.

7. Aktifkan Mode Battery Saver

Sejak Android Versi Lolipop 5.0 dirilis, SmartPhone Android sudah di bekali fitur Battery Saver, dengan Mengaktifkan Fitur Ini, Saat Baterai SmartPhone kamu dalam keadaan Low-Batt, Maka Sistem Android Otomatis akan mengurangi performa CPU nya.

8. Jauhi Aplikasi Yang Memuat Banyak Iklan

Selain membuat baterai boros, dalam jangka panjang, aplikasi yang banyak mengandung iklan ini akan memperpendek umur baterai smartphone dan membuat performa smartphone kamu menurun.

9. Gunakan Charger SmartPhone Yang Tepat

Meski smartphone Anda bisa menggunakan charger yang berasal dari merek lain, sebaiknya usahakan untuk tetap menggunakan charger bawaannya. Hal tersebut untuk mencegah baterai terisi melebihi kapasitas dan bisa menyebabkan baterai Anda meledak. Selain itu, charger bawaan smartphone saat ini biasanya sudah pintar, yang sudah mengusung fitur auto current cut, yang memutus arus ke baterai ketika baterai sudah penuh.

10. Jangan Gunakan Saat Charging

Ketika dalam proses Pengecasan Baterai SmartPhone, Sebaiknya, Anda Tidak Menggunakan SmartPhone Android untuk menjalankan aplikasi terutama memainkan Game Berkapasitas Besar

11. Jangan Menggunakan Animated WallPaper

Wallpaper atau screen saver yang di animasikan akan menguras tenaga baterai anda ketika smartphone anda dalam keadaan standby. Oleh Karena Itu, Hindari Penggunaan Wallpaper Bergerak.

12. Atur Layar SmartPhone Anda

Sama Seperti Poin Nomor 4, kamu juga dapat mengatur baterai smartphone anda dengan mengatur Sleep Time ( Layar Mati ) . Waktu Yang Paling Lama untuk menghemat baterai smartphone sekiranya 1 Menit

13. Gunakan Media Penghubung Seperlunya.

Jika Sudah Tidak Di Gunakan lagi, Segera Matikan Media Penghubung SmartPhone seperti BlueTooth, GPS, Wifi Dan lainnya. Karena Akan Menguras Sumber Baterai Anda.

14. Jangan Mencharge Baterai SmartPhone Saat Masih Panas.

Mencharge Baterai SmartPhone Saat masih panas akan menurunkan Kualitas baterai smartphone, Jadi hindari pengisian ulang baterai smartphone saat suhu baterai dalam kondisi tinggi seperti setelah selesai bermain Game. Dan Jika Baterai Sudah Penuh, Segera Cabut Charger Baterai

15. Hindari Permukaan Panas.

Selain membuat kecerahan layar berkurang, panas sinar matahari langsung akan membuat permukaan smartphone jadi overheat. Panas dari luar yang bertemu dengan panas permukaan baterai akan berisiko membuat baterai smartphone jadi cepat kembung dan mudah drain. Selain Itu, Musuh Utama dari baterai smartphone Li-on dan Li-Polimer adalah Permukaan Panas.

Nah, Hanya itu saja tips dan trik yang bisa saya sampaikan kepada anda, jadi, pandai pandai lah merawat baterai smartphone anda agar awet muda dan tahan lama, selain itu, anda juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli baterai smartphone baru.

Terimakasih..

Terimakasih Telah Membaca Artikel Ini

Silahkan Berlangganan Via Email, Untuk Mendapatkan Notifikasi Update Dari Yosua ES