13 Tips Merawat SmartPhone Agar Awet Muda Dan Tahan Lama yang Efektif !!


Smartphone saat ini menjadi kebutuhan umum bagi sejuta umat manusia. Tapi, Seiring Waktu SmartPhone akan rusak bila tidak di rawat dengan baik, Oleh Karena itu, Kita harus merawat smartphone dengan baik agar awet dan tahan lama bila keseringan di pakai. Berikut Beberapa trik dan tips yang akan saya bahas dalam artikel ini.

1. Matikan Ponsel Bila Tidak Di Gunakan

Bila anda sedang tidak pakai atau tidak di gunakan, Saran Saya, Sebaiknya Dimatikan 
( ShutDown ), Hal Ini dilakukan untuk mendinginkan komponen komponen elektrik smartphone, Khususnya RAM SmartPhone Dan Processor yang merupakan otaknya Smartphone anda.

2. Pasanglah Pelindung Layar dan Casing

Pastinya kamu akan membawa smartphone kamu ke mana-mana dan membukanya kapanpun kamu ingin menggunakannya. Nah, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan, kamu perlu memasang pelindung layar dan casing, ini akan cukup menjaga body smartphone kamu. Pelindung layar dan casing akan memberikan cukup perlindungan luar pada body smartphone kamu dari goresan, debu, tetesan air, abu rokok, dan lain-lain.


Bukan hanya merawat smartphone saja, kita juga harus merawat komponen komponennya, Terutama Baterai yang menjadi pendukung besar berjalannya sistem smartphone kita. Namun, Banyak Orang Yang Belum Tahu Cara Merawatnya agar tetap Awet dan tahan lama. untuk cara merawatnya, kamu bisa membaca Artikel Yang sudah pernah saya bahas.

4. Gunakan AntiVirus Dan Update Secara Rutin

Banyak Antivirus yang bertebaran di tempat download, baik Antivirus Gratis dan Berbayar, Namun, Bila anda tidak mempunyai budget untuk Mendownload Antivirus Berbayar, Saran Saya Download lah Antivirus yang gratisan. 

Fungsi antivirus pada smartphone adalah untuk menjaga smartphone agar tidak kesedak virus. Biasanya Virus masuk ke smartphone lewat Jaringan Internet, Aplikasi Yang mengandung iklan, dan jaringan bluethoot. Namun, Jangan Mudah tergoda untuk mendownload Antivirus Cracked ( Berbayar namun di cracked menjadi gratis), Karena biasanya antivirus itu sendiri yang mengandung Virus.

5. Hapus Aplikasi Yang Tidak Di Butuhkan

Bagi Kamu Yang Pengguna Android, Memiliki Banyak Aplikasi Memang Penting, Khususnya Antivirus. Namun, Bagi SmartPhone Android itu sendiri, Kebanyakan aplikasi akan menyebabkan Borosnya Baterai SmartPhone, SmartPhone Menjadi Berat ( Lag ), dan kinerja Ram Menjadi tidak optimal.

6. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Smartphone untuk Main Game

Smartphone atau Android memang seru di gunakan untuk bermain game karena layarnya yang lebar dan graphic nya juga bagus. Di Indonesia Sendiri, Hampir 75% Rakyat Indonesia menggunakan smartphone untuk bermain game, Bermain Game memang baik untuk refreshing, Namun, Jangan Terlalu sering bermain game dapat menyebakan rusaknya komponen Smartphone, Sebut Saja Ram, Processor, Dan Juga Baterai.

Selain Merusak Komponen Smartphone, Bermain Game Terlalu sering juga dapat menyebabkan Mata Minus.

7. Perhatikan Kamera dan Speaker

speaker juga merupakan hal yang perlu diperhatikan di sini karena speaker berfungsi mengalirkan suara ketika kamu berkomunikasi melaluinya dan juga mendengarkan audio maupun video. Jangan meletakkan smartphone pada tempat yang mudah dijangkau air, medan magnet, dan logam-logam kecil yang dapat merusak speaker. 

Selain itu, jangan atur speaker dengan volume maksimal jika kamu sangat sering mendengarkan musik pada smartphone karena ini akan merusak daya tahan speaker secara perlahan, sebaiknya kurangi volume speaker yang berkisar 80% sampai ke bawah.

8. Lakukan Backup dan Restore Data Secara Berkala

Pastinya kamu menyimpan banyak data dan file penting di dalam smartphone kamu, mulai dokumen, foto, audio, sampai video. Untuk mengamankan data dan file tersebut, sebaiknya kamu melakukan backup data baik ke server smertphone, situs-situs penyimpanan data online, flashdisk, atau PC. Ini untuk mengantisipasi bila suatu saat smartphone kamu rusak atau hilang.

9. Perhatikan Langkah Pengisian Baterai

Saat kamu mengisi baterai smartphone, pastikan kamu mengisinya hingga baterai tersisa 10 – 15 % dan lepaslah charger setelah baterai sudah terisi penuh. Jika kamu ceroboh dalam melakukan pengisian baterai, maka mungkin akan membuat baterai mudah drop dan tidak bertahan lama. Penting juga, jangan mengisi baterai dengan charger perangkat lain, karena mungkin ada perbedaan output dan input power antara keduanya sehingga memungkinkan baterai lebih mudah drop dan tidak bertahan lama.

10. Gunakan Tas Kecil untuk membawa smartphone kemana saja

Ukuran smartphone memang lebih besar dari HP biasa, jadi mungkin kamu akan cukup kerepotan jika menyimpannya di dalam saku. Terlebih lagi, jika kamu menyimpan smartphone di dalam saku saat kamu membawanya, dikhawatirkan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya smartphone terjatuh dan ukuran saku terlalu menekan hardware smartphone. Tentu saja ini akan menyebabkan beberapa kerusakan yang tidak diinginkan. Untuk itulah segera membelikan tas kecil sebagai tempat untuk menyimpan smartphone saat kamu membawanya ke mana-mana.

11. Gunakan Charger Bawaan SmartPhone

Menggunakan charger bawaan pabrikan ponsel memang sangat disarankan karena asumsi daya listrik yang masuk ke baterai sudah disesuaikan dari pabriknya langsung, memang semua jenis charger cocok untuk kebanyakan hp android tetapi menggunakan charger beda merek pastilah menimbulkan efek samping bagi baterai itu sendiri. jadi sangat disarankan menggunakan charger sesuai merek hp android anda.

12. Restart Sistem Smartphone minimal 2 Hari Sekali

Melakukan restart setelah pemakaian penuh sangat dianjurkan, Tujuannya yaitu untuk merefresh jaringan sistem operasi android agar dapat menjalankan setiap aplikasi lebih normal.

13. Lakukan Scanning Apabila Ram Terasa Penuh

Jika ponsel anda berat menjalankan aplikasi bisa jadi ramnya penuh, untuk itu anda perlu membersihkan ram yang penuh dengan cara scanning, tapi sebelum anda membersihkan ram hapus dulu aplikasi yang sedang berjalan hal ini dilakukan untuk lebih menormalisasikan kondisi ram dan aplikasi yang anda jalankan.

Terimakasih Telah Membaca Artikel Ini

Silahkan Berlangganan Via Email, Untuk Mendapatkan Notifikasi Update Dari Yosua ES